Rabu, 01 April 2015

Use Case dan Sequence Diagram

Nama / NIM : Made Aprisintia Yudiadewi / 1404505047
Jurusan / Fakultas / Universitas : Teknologi Informasi / Teknik / Universitas Udayana
Mata Kuliah : Pemrograman Berorientasi Objek
Dosen : I Putu Agus Eka Pratama, S.T., M.T.

===============================================================

Use Case Diagram
Berikut adalah contoh use case diagram pada Sistem Informasi Akademik Kampus




gambar 1. Use Case Diagram

Penjelasan :
- Admin
  Pada diagram ini, admin bisa melakukan seluruh kegiatan dalam Sistem Informasi Akademik ini. Pertama tama, admin akan melakukan pendaftaran. Selanjutnya, admin akan menampilkan form login pada halaman sistem informasi. Admin kemudian dapat melihat seluruh kegiatan dalam halaman sistem informasi. Selanjutnya, admin akan menginputkan data-data informasi ke dalam database halaman sistem informasi. Data-data lama yang sekiranya tidak diperlukan akan dihapus oleh admin. Kemudian akan diperbarui dengan data terbaru. Data data ini kemudian akan diatur kembali oleh admin.

-Dosen
  Sama seperti admin, dosen juga mampu melakukan seluruh kegiatan dalam Sistem Informasi Akademik. Hanya saja dosen hanya bisa melakukan seluruh kelola data yang ia miliki.

-Mahasiswa
  Pada diagram ini, mahasiswa awalnya akan mendaftar ke halaman ini. Selanjutnya mahasiswa dapat melakukan login. Setelah masuk ke halaman utama, mahasiswa dapat melihat data dan mengisi data seperlunya.

Sequence Diagram
Berikut adalah contoh sequence diagram pada Sistem Informasi Akademik Kampus

gambar 2. Diagram Admin

Penjelasan :
Awalnya, admin akan menampilkan form login pada halaman. Kemudian, admin akan mengisi data login. Melakukan validasi data dan mengambil data. Selanjutnya, data akan di cek. Jika sudah benar,  admin akan masuk ke halaman utama. Selanjutnya admin akan melakukan kelola data. Jika sudah selesai, admin dapat melakukan log out.

gambar 3. Diagram Dosen

Penjelasan :
Awalnya, dosen akan menampilkan form login pada halaman. Kemudian, dosen akan mengisi data login. Selanjutnya, data akan di cek oleh admin. Jika sudah benar,  dosen akan masuk ke halaman utama. Selanjutnya dosen akan mengisi data pada halaman. Data ini kemudian dapat dikelola oleh dosen. Jika sudah selesai, dosen dapat melakukan log out. 


gambar 4. Diagram Mahasiswa

Penjelasan :
Awalnya, mahasiswa akan menampilkan form login pada halaman. Kemudian, mahasiswa akan mengisi data login. Kemudian data ini akan di cek oleh admin. Jika sudah benar,  mahasiswa akan masuk ke halaman utama. Selanjutnya mahasiswa dapat mengisi data yang diperlukan. Jika sudah selesai, mahasiswa dapat melakukan log out. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar